Kampung Naga Desa Unik Di Lembah Garut

Syariah Villa And Resto Lembur Incu Lembang bandung
Syariah Villa And Resto Lembur Incu Lembang
wisata pangandaran
Tempat Wisata Pangandaraan Sering Dikunjungi

Kampung Naga Desa Unik Di Lembah Garut

kampung naga

Kampung Naga Desa Unik Di Lembah Garut – Sebagian dari anda mungkin saja masih asing mendengar Kampung ini . Tempat ini adalah desa atau perkampungan yang ditinggali sekelompok masyarakat yang masih memegang teguh aturan adat istiadat leluhur kampung.

Adat istiadat yang selalu dipegang teguh oleh masyarakat kampung Naga ini membuatnya menjadi objek kajian antropologi khususnya kehidupan Sunda ketika masa peralihan dari agama Hindu menjadi agama Islam di daerah Jawa Barat. Baca juga kampung bali garut 

Kampung ini terletak di ruas jalan raya yang menghubungkan daerah Tasikmalaya dengan daerah Bandung melalui jalur Garut, tepatnya di desa Neglasari kecamatan Selawu kabupaten Tasikmalaya, provinsi Jawa Barat. Nah, apakah Anda ingin tahu lebih jauh tentang keunikan kampung ini? Ya, keunikan tempat ini cukup beragam.

Salah satu keunikannya yang ada pada kampung naga ini adalah sifat tradisional, kearifan lokal yang masih dijaga dan sebutan Naga bagi desa mereka. Masyarakat lokal  menolak adanya campur tangan seseorang atau kelompok yang berasal dari luar tempat masyarakat lokal tinggal karena dapat merusak tradisi dan budaya yang sudah ada sejak zaman dahulu.

Beda desa ini dengan desa lain adalah suasana lingkungan bersahaja dan tradisi adat yang masih terjaga seperti setiap rumah penduduk didirikan bersebelahan secara rapi dan teratur. Jadi, tatanan rumahnya sangat teratur dan sama. Baca juga Kampung Dukuh

Atapnya terbuat dari daun rumbia, daun kelapa atau ijuk sebagai bahan penutup. Dinding rumah hanya terbuat dari anyaman bamboo. Masyarakat lokal tidak tahu secara jelas mengapa tempat tinggal mereka memiliki sebutan Naga.

Asal mulanya memang masyarakat lokal tidak mengenal titik terang di malam hari atau dengan sebutan “Pareum Obor”. Bila diterjemahkan ke bahasa Indonesia “Pareum” berarti mati dan “Obor” berarti penerangan. Jadi, masyarakat lokal masih menganut tradisi untuk tidak menggunakan penerangan di malam hari.

Selain itu, sebutan Naga diberikan karena terjadi pembakaran desa masyarakat lokal pada zaman dahulu. Yang memicu dibakarnya desa, ceritanya pada jaman dahulu desa ini lebih mendukung pihak Soekarno daripada organisasi Kartosoewiryo sehingga terjadilah kejadian tersebut. Nah, bagaimana? Anda tertarik dengan keunikan kampung Naga bukan? Tunggu apalagi datang saja dan buktikan.

Related Posts

Penginapan Hotel karang asri Santolo Garut

2016-08-16 01:17:50
villapriangan

18

Paket Kunjungan Graha Liman Kencana Cibatu Garut

2016-07-12 00:41:21
villapriangan

18

Unik Villa Panorama Lembang Kampung Daun

2016-03-04 14:31:09
villapriangan

18

Panorama dan Keunikan Pantai Pondok Bali Pamanukan

2016-02-20 06:29:17
villapriangan

18

Alamat Rumah Makan Cibiuk Garut

2016-02-18 10:37:35
villapriangan

18

Berwisata Kuliner Di Asep Strawberry Garut

2016-02-18 10:36:51
villapriangan

18

Tempat Wisata Di Bandung Unik dan Menarik

2016-02-17 10:51:26
villapriangan

18

villapriangan
villapriangan
Villa Priangan jasa sewa villa murah di tanah sunda.villa istana bunga,villa di garut,villa di ciater,villa di lembang,villa di bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *