Peristiwa Rengasdengklok Peristiwa Semalam Untuk Senyum Indonesia

Pantai pakis karawang
Wisata Bahari Pantai Pakis Karawang
Tempat wisata di Karawang
4 Wisata Istimewa di Karawang

Peristiwa Rengasdengklok Peristiwa Semalam Untuk Senyum Indonesia

peristiwa rengasdengklok

Peristiwa Rengasdengklok: Peristiwa Semalam Untuk Senyum Indonesia – Ketika mendengar peristiwa Rengasdengklok maka akan sangat melekat dalam pikiran kita tentang salah satu peristiwa menjelang proklamasi kemerdekan Indonesia. Sehari sebelum peristiwa proklamsi kemerdekaan, para pemuda Indonesia membawa kabur Presiden Soekarno dan Drs. Moh. Hatta ke Rengasdengklok.

Berbicara soal Rengasdegklok, kemungkin ada diantara kita yang baru tahu kalau sebenarnya Rengasdengklok itu adalah nama dari salah satu kota yang ada di Provinsi Jawa Barat. Untuk itulah peristiwa pada saat itu disebut dengan Peristiwa Rengasdengklok.

Tujuan dari Peristiwa Rengasdengklok ini adalah untuk menyatukan pendapat antara para pejuang golongan tua dan para pejuang golongan muda karena menjelang proklamasi masih banyak perbedaan pendapat yang terjadi antara kedua golongan pejuang ini. Salah satu perbedaan pendapat adalah tentang adanay organisasi yang dibentuk untuk persiapan kemerdekan Indonesia yaitu PPKI.

PPKI atau Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia ini menurut para golongan pejuang muda bukanlah alat untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. PPKI ini adalah organisasi bentukan Jepang. Jadi golongan muda tidak rela jika kemerdekaan Indonesia adalah karen PPKI.  Para pemuda ingin Indonesia merdeka karena hasil dari kekuatan Indonesia sendiri.

Para golongan muda yang mepelopori Peristiwa Rengasdengklok ini dipimpin oleh Sutan Syahrir. Mereka mendesak Presiden Soekarno dan Drs. Moh. Hatta untuk segera memerdekakan Indonesia atas nama Bangsa Indonesia.

Kemudian pada tanggal 15 Agustus 1945, diadakan pertemuan untuk membahasa rencana pelaksanaan kemerdekaan yang bertempat di Laboratorium Pegangsaan Timur 17 yang sekarang adalah FKM UI. Pertemuan ini dihadiri oleh para pejuang golongan muda. Mereka merencanakan dan memutuskan bahwa kemerdekaan Indonesia harus segera digelar dan tanpa adanya embel-embel PPKI didalamnya.

Kemudian hasil keputusan pertemuan para pemuda ini dibawa untuk disampaikan oleh Wikana dan Darwis ke rumah Presiden Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur No. 56. Terjadi perbedaan pendapat dan akhirnya terjadi Peristiwa Rengasdengklok yang dilaksanakan pada jam 03.00, para pemuda menculik Presiden Soekarno dan Drs. Moh. Hatta dari rumahnya untuk dibawa ke daerah Rengasdengkolok

Pemilihan Rengasdengklok sebagai kota tujuan penculikan Presiden Soekarno dan Drs. Moh. Hatta karena daerah ini dirasa sangat aman untuk kediaman tokoh tersebut. Rumah yang ditempati adalah rumah Djia Kie Siong di RT 001/09 nomer 41 Desa Rengasdengklok Utara, Kecamatan Rengasdengklok.

Related Posts

Villa Uje Lembang Bandung

2016-09-23 06:42:34
villapriangan

8

Penginapan Hotel karang asri Santolo Garut

2016-08-16 01:17:50
villapriangan

8

Keeksotisan Pantai Cipatujah Tasikmalaya

2016-08-11 01:24:17
villapriangan

8

2 Pilihan Jenis Travel Bandung Tasikmalaya

2016-08-10 08:36:17
villapriangan

8

Memilih Penginapan Murah Di Lembang

2016-08-10 00:35:12
villapriangan

8

Villa Dadih Lembang Bandung

2016-08-09 01:00:12
villapriangan

8

villapriangan
villapriangan
Villa Priangan jasa sewa villa murah di tanah sunda.villa istana bunga,villa di garut,villa di ciater,villa di lembang,villa di bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *