Berkunjung ke Museum Prabu Geusan Ulun

penginapan di sumedang
Pilihan Penginapan Di Sumedang dan Destinasi Wisata
Kolam Renang di Sumedang yang Jernih dari Air Pegunungan
Kolam Renang di Sumedang Jernih dari Air Pegunungan

Berkunjung ke Museum Prabu Geusan Ulun

Berkunjung ke Museum Prabu Geusan Ulun

Berkunjung ke Museum Prabu Geusan Ulun –¬†Museum Prabu Geusan Ulun, salah satu lokasi wisata sejarah yang patut dikunjungi oleh wisatawan baik dalam maupun luar kota Sumedang. Museum itu memiliki banyak benda-benda sejarah yang merupakan pusaka milik leluhur kerajaan Sumedang Larang. Kerajaan Sumedang Larang dulu yang terkenal dalam sejarahnya adalah pada saat kepemimpinan Prabu Geusan Ulun. Prabu pemimpin kerajaan Sumedang tersebut merupakan putra Pangeran Santri. Beliau memimpin kerajaan Sumedang Larang sejak 1580-1608 Masehi.

Raja Sumedang tersebut merupakan raja terakhir yang memimpin kerajaan Sumedang Larang. Sebab kerajaan tersebut pada akhirnya menjadi bagian dari kerajaan Mataram dan rajanya turun pangkat menjadi adipati atau bupati untuk istilah saat ini. Pada jaman kepemimpinan Prabu Geusan Ulun mengalami kemajuan pesat di berbagai bidang. Raja Geusan Ulun memiliki tiga istri, salah satunya adalah Ratu Harisbaya, yang merupakan permaisuri dari Panembahan Ratu penguasa kerajaan Cirebon. Baca juga kampung dukuh

Karena kenekatan dan ketertarikan sang Ratu Harisbaya terhadap Prabu Geusan Ulun tersebut. Maka menimbulkan murka Raja Panembahan Ratu terhadap raja Sumedang Larang karena dianggap membawa kabur istrinya. Perangpun terjadi antara Sumedang dan Cirebon. Dari semua kisah perjalanan sejarah kerajaan Sumedang Larang tersebut tersimpan dalam bentuk ratusan benda peninggalan sejarah. Museum Prabu Geusan Ulun tersebut dikelola langsung oleh pihak yayasan pangeran sumedang. Baca juga Makam prabu kian santang

Awalnya museum tersebut bernama Museum Yayasan Pangeran Sumedang yang dibangun pada 11 November 1973. Museum ini menyimpan berbagai benda sejarah seperti keris, tombak, mahkota raja dan ratu sumedang, kujang, mata uang koin, kereta kencana, serta gamelan yang tertata rapi di setiap sisi bangunan museum. Museum tersebut meliputi beberapa gedung, yaitu Gedung Srimanganti, Bumi Kaler, Gedung Gendeng, serta Gedung Gamelan.

Di kawasan Museum Prabu Geusan Ulun para pengunjung tidak diizinkan untuk memotret. Bangunan museum tersebut mempunyai halaman dengan luas 1,88 hektar, dihias dengan taman dan pohon-pohon langka. Lokasi wisata bersejarah yang tepat dijadikan tujuan wisata bagi pecinta sejarah yang ingin tahu lebih jauh mengenai sejarah kerajaan Sumedang Larang. Anda dapat menikmati sejarah dengan berkunjung ke museum Prabu Geusan Ulun tersebut.

Related Posts

Mustika Dan Pusaka Prabu Siliwangi

2016-04-23 02:37:45
villapriangan

18

Kesaktian Prabu Siliwangi Yang Melegenda

2016-04-23 02:23:18
villapriangan

18

Asal Usul Harimau Putih Prabu Siliwangi

2016-04-23 02:19:16
villapriangan

18

Prabu Kian Santang Makam nya Di garut

2015-10-06 14:38:46
villapriangan

18

Villa Uje Lembang Bandung

2016-09-23 06:42:34
villapriangan

8

Penginapan Hotel karang asri Santolo Garut

2016-08-16 01:17:50
villapriangan

8

villapriangan
villapriangan
Villa Priangan jasa sewa villa murah di tanah sunda.villa istana bunga,villa di garut,villa di ciater,villa di lembang,villa di bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *