Sejarah Gunung Kunci Sumedang

sejarah cadas pangeran sumedang
Sejarah Cadas Pangeran Sumedang yang Memilukan
Sumedang tempo dulu
Menengok Sumedang Tempo Dulu

Sejarah Gunung Kunci Sumedang

sejarah gunung kunci Sumedang

Sejarah Gunung Kunci Sumedang – Gua dan Benteng Pertahanan Belanda Kota Sumedang sebenarnya memiliki banyak lokasi-lokasi wisata bersejarah yang dapat dikunjungi oleh masyarakat sekitar maupun luar kota. Salah satu loksai wisata sejarah yang dapat dikunjungi yaitu wisata alam gunung kunci. Gunung tersebut rupanya mempunyai sejarah mengenai jaman penjajahan di Sumedang. Sejarah gunung Kunci Sumedang ini adalah sebuah lokasi yang menandai sebuah perjuangan masyarakat Sumedang melawan penjajah Belanda yang berlaku kejam pada seluruh masyarakat Sumedang khususnya.

Yang menarik dan unik dari lokasi ini adalah adanya sebuah benteng pertahanan serta gua. Sejarah gunung kunci Sumedang ini diawali dengan kedatangan Jendral Belanda yaitu Deandels yang mempunyai misi pembuatan jalan dari Anyer menuju Penarukan. Jalur Anyer-Penarukan ini melewati Sumedang. Sistem kerja yang diterapkan oleh Deandels adalah sistem kerja rodi yang tidak memperhatikan kebutuhan masyarakat pribumi, tetap justru dimanfaatkan seluruh kemampuan dan tenaganya.

Pada gunung kunci tersebut masih sangat hijau sekali untuk menjadi lokasi wisata alam yang tepat bagi pengunjung bersama keluarga sambil mengenal sejarah gunung kunci Sumedang melalui gua yang terdapat di tempat itu. Kelestarian gua dan benteng pertahanan Belanda oleh petugas dari Perum Perhutani KPH Sumedang. Baca juga wisata Cibolang Pangalengan

Pada saat Belanda berada di Sumedang tidak mendapatkan perlakuan baik dari Pangeran Kusumadinata IX atau dikenal dengan sebutan Pangeran Kornel. Tidak hanya itu, perlawanan seluruh rakyat Sumedang karena pembangunan jalan Anyer-Penarukan banyak menelan korban karena kerja rodi yang dilakukan Belanda yang dipimpin Deandels.

Sejarah gunung kunci Sumedang baik dari gua dan benteng pertahanan Belanda yang ada dalam gunung kunci mempunyai keunikan bangunan. Pada bagian puncak bukit tersembul tembok benteng yang memiliki bentuk seperti motor boat. Di bagian tengah benteng juga terdapat ruang-ruang yang atapnya ditimbuni tanah. Baca Juga Kawah putih Ciwidey

Sedangkan pada bagian bukit benteng terdapat bangunan yang bertingkat dua di mana terdapat anak tangga untuk menuju ke perut bukit. Terdapat lorong-lorong gua yang menyambungkan kamar-kamar bawah tanah. Ruangan-ruangan tersebut ada yang berbentuk bulat dan ada pula yang persegi panjang melengkung. Keunikan inilah yang bisa menjadi salah satu daya tarik wisata dan sejarah gunung kunci Sumedang. Namun sayang, kini kawasan tersebut tidak lagi dibuka untuk wisata.

Related Posts

Wisata Asyik Gunung Galunggung Tasikmalaya

2016-08-08 07:39:17
villapriangan

18

Keindahan Gunung Sangga Buana Yang Menyimpan Misteri

2016-04-19 04:24:30
villapriangan

18

Misteri Gunung Hejo Vs Kasus Tol Cipularang

2016-04-19 04:22:00
villapriangan

18

Menikmati Keindahan Gunung Bongkok

2016-04-18 10:03:22
villapriangan

18

Gunung Burangrang Gunung Purba dari Sunda

2016-03-18 05:58:12
villapriangan

18

Villa Cemara Kampung Toga Sumedang

2016-03-01 03:18:53
villapriangan

18

Villa Bougenville Kampung Toga Sumedang

2016-03-01 03:02:32
villapriangan

18

villapriangan
villapriangan
Villa Priangan jasa sewa villa murah di tanah sunda.villa istana bunga,villa di garut,villa di ciater,villa di lembang,villa di bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *